Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mencari Jurnal di Publish or Perish

Cara Mudah Mencari Jurnal di Publish or Perish

Cara Mudah Mencari Jurnal di Publish or Perish. Hallo Sobat Otech!!! Jurnal merupakan sebuah publikasi periodik atau terbitan berkala yang berisi artikel-artikel ilmiah yang ditulis oleh para peneliti, akademisi, praktisi, dan ahli di bidang tertentu. Jurnal dapat berupa cetakan fisik atau dalam bentuk digital yang terbit secara reguler seperti bulanan, triwulan, semesteran, atau tahunan. Artikel-artikel yang dimuat dalam jurnal biasanya berisi hasil penelitian terbaru, tinjauan pustaka, kajian teori, atau opini yang terkait dengan bidang ilmu tertentu. Jurnal memiliki peran penting sebagai sumber informasi dan acuan bagi para peneliti dan akademisi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Dimana Mencari Jurnal Gratis Berkualitas?

Jurnal banyak tersedia di beberapa website yang menyediakan akses gratis ke berbagai jurnal ilmiah. Mayoritas orang awam akan kesulitan mencari referensi jurnal. Terlebih bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menjalani masa skripsi, yang sangat membutuhkan sumber bacaan yang banyak sebagai referensi penelitiannya. Berikut ini adalah beberapa situs web yang dapat kalian coba.

1. Directory of Open Access Journals (DOAJ) - menyediakan akses ke ribuan jurnal ilmiah terbuka di berbagai bidang ilmu.

2. Public Library of Science (PLOS) - menyediakan akses ke jurnal-jurnal ilmiah terkait ilmu hayati dan kedokteran.

3. BioMed Central - menyediakan akses ke jurnal-jurnal ilmiah terkait kedokteran dan ilmu hayati.

4. arXiv - menyediakan akses ke jurnal-jurnal ilmiah terkait fisika, matematika, dan ilmu komputer.

5. JURN - mesin pencari jurnal terbuka multidisiplin.

6. CORE - mesin pencari jurnal terbuka multidisiplin.

7. BASE - mesin pencari jurnal multidisiplin.

8. Google Scholar - mesin pencari yang menyediakan akses ke artikel-artikel ilmiah dari berbagai jurnal.

Pastikan untuk selalu memeriksa kredibilitas jurnal yang Anda gunakan dan pastikan jurnal tersebut telah melalui proses peer review yang ketat untuk memastikan kualitas dan keakuratannya.
Selain beberapa website yang telah disebutkan di atas, terdapat cara lain yang dapat digunakan untuk mencari jurnal secara cepat dan efisien, yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bernama Publish or Perish.

Apa itu aplikasi Publish or Perish?

Publish or Perish merupakan sebuah aplikasi mesin pencari sitasi akademik (jurnal). Aplikasi ini juga dapat membantu penggunanya untuk sekaligus menganalisis berbagai sitasi akademik yang didapatkan dari berbagai sumber. Sumber yang dipakai tentunya bukan sumber yang abal abal tentunya. Aplikasi ini membantu menyeleksi sitasi akademik secara langsung dari berbagai database seperti Google Scholar, Scopus, Crossref, PubMed, maupun webs of science.  Melalui aplikasi ini, kalian dapat secara efektif dan efisien menemukan database artikel-artikel ilmiah yang sesuai kualitasnya sebanyak apapun yang diperlukan. Selain memudahkan melengkapi sumber pustaka, menggunakan aplikasi Publish or Perish sekaligus dapat mempermudah dalam mengelola dan menganalisisnya.

Cara Mudah Mencari Jurnal di Publish or Perish

Setelah kalian mengetahui fungsi dan kegunaan dari aplikasi ini, tentunya kalian juga ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi ini dengan benar. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai Cara Mudah Mencari Jurnal di Publish or Perish. Baiklah, daripada kelamaan langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

1. Download dan install aplikasinya terlebih dahulu di device kalian.

Cara Mudah Mencari Jurnal di Publish or Perish


2. Buka aplikasinya. Sebelum menggunakan aplikasi Publish or Perish, pastikan kalian sudah mempersiapkan kata kunci atau keyword yang relevan dengan topik kajian kepenulisan berdasarkan kata kunci utama, opsi kata kunci penelitian terdahulu maupun sesuai dengan teori maupun metode penelitian. Pada aplikasi ini terdapat berbagai sumber pencarian jurnal, yaitu: Crossref, Google Scholar, PubMed, OpenAlex, Scopus, Semantic Scholar, dan Web of Science.

Cara Mudah Mencari Jurnal di Publish or Perish


3. Pilih salah satu sumber jurnal yang ingin kalian cari, dalam contoh ini akan menggunakan sumber Google Scholar. Silakan kalian lengkapi kolom-kolom pencarian sesuai dengan informasi-informasi artikel ilmiah yang hendak dicari, seperti: Authors, Affiliation, Full Journal Name, Title Words, Keywords, Years, ISSN, dan Maximum number of result. Tidak perlu diisi semua, sesuaikan kembali dengan karakteristik referensi yang hendak dicari.

Cara Mudah Mencari Jurnal di Publish or Perish


4. Setelah itu, hasil pencarian jurnal berdasarkan kata kunci yang telah kalian berikan akan tertampil sesuai dengan jumlah hasil yang diinginkan. Masing-masing hasil penelusuran dapat diakses secara utuh pada situs penerbit dengan klik Open Article in Browser atau Open Full Text in Browser.

Cara Mudah Mencari Jurnal di Publish or Perish


5. Selesai.

Baiklah, itu saja tutorial yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Jika ada pertanyaan, langsung saja komen di bawah yaa. Terima kasih telah berkunjung!

Post a Comment for "Cara Mudah Mencari Jurnal di Publish or Perish"