Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Grammarly Secara Free

Cara Menggunakan Grammarly Secara Free

Cara Menggunakan Grammarly Secara Free. Hallo Sobat Otech!!! Di zaman yang modern seperti saat ini, memiliki kemampuan berbahasa inggris merupakan sesuatu yang sangat penting. Era globalisasi yang semakin pesat menuntut semua orang untuk dapat menerima dan memahami segala informasi penting yang masuk dari seluruh penjuru dunia agar tetap tidak ketinggalan zaman. Informasi yang masuk tersebut umumnya berbahasa inggris. Nah, dari sini kita mengetahui pentingnya memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik adalah untuk dapat memahami segala informasi yang masuk ke kita.

Bagi seorang pelajar, tentunya pernah mendapatkan tugas untuk membuat makalah atau artikel dalam bahasa Inggris. Membuat makalah atau artikel dalam bahasa Inggris bisa dibilang lebih rumit dibandingkan dengan membuatnya dalam bahasa Indonesia. Memahami tata cara bahasa dan tanda baca dalam bahasa Inggris merupakan hal yang tidak mudah. Nah, saat ini terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat mempermudah kita dalam memeriksa makalah atau artikel bahasa inggris yang telah kita buat. Aplikasi tersebut dapat memberikan peringatan kesalahan penulisan seperti typo, salah tanda baca, dan lainnya. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk memeriksa kesalahan artikel atau makalah berbahasa inggris adalah Grammarly. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tau bagaimana cara menggunakan Grammarly.

Apa Itu Grammarly?

Grammarly adalah sebuah perusahaan teknologi yang mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat memeriksa penulisan dalam suatu artikel atau makalah. Aplikasi ini dikembangkan pada tahun 2009 oleh Alex Shevchenko, Max Lytvyn, dan Dmytro Lider. Selain dapat memerika kesalahan dalam penulisan, Grammarly juga mampu untuk memeriksa kemungkinan plagiarisme atau plagiarism check. Kualitas pemeriksan pada aplikasi ini tidak seperti aplikasi gratis lainnya.

Fitur-fitur Aplikasi Grammarly

  • Dapat Memeriksa Kesalahan Ejaan dan Tata Bahasa. Aplikasi ini mampu untuk memeriksa kesalahan-kesalahan dalam tulisan di artikel atau makalah bahasa Inggris kalian seperti kesalahan ejaan dan tata bahasa.
  • Dapat Memeriksa Penggunaan Tanda Baca. Salah satu kesalahan paling sering saat menulis adalah penggunaan tanda baca seperti tanda koma, titik, dan lainnya.
  • Dapat Memberikan Definis dan Saran Kata. Aplikasi ini mampu untuk memberikan saran dan definisi suatu kata. Hal ini berguna untuk menghindari banyaknya pengulangan kata yang sama dalam artikel atau makalah bahasa Inggris kalian.
  • Dapat Mendeteksi Plagiarisme. Aplikasi ini mampu mendeteksi plagiarisme dalam artikel atau makalah bahasa Inggris kalian dengan cara mencari artikel publik dan mencocokkannya dengan isi artikel kalian.
  • Dapat Memeriksa Pengulangan Kata. Artikel atau makalah akan menjadi kurang baik jika terdapat banyak pengulangan kata. Maka dari itu, Grammarly mampu untuk mendeteksi kata yang sering digunakan.
  • Penjelasan Aturan Tata Bahasa. Selain dapat memerika kesalahan dalam tata bahasa, Grammarly juga akan menjelaskan kenapa kata atau kalimat yang kalian gunakan tidak sesuai tata bahasa dan kenapa kata atau kalimat yang disarankan sesuai tata bahasa.
  • Integrasi dengan Microsoft Office. Fitur ini akan sangat membantu jika kalian menggunakan aplikasi Microsoft Office untuk menulis artikel atau makalah bahasa Inggris. Dengan fitur ini, kalian tidak perlu lagi mengunggah file artikel yang ingin diperiksa.

Cara Menggunakan Grammarly Secara Free di Laptop

1. Pertama, buka website grammarly-nya terlebih dahulu

Cara Menggunakan Grammarly Secara Free

2. Login untuk masuk, jika kalian sudah mempunyai akun Grammarly bisa langsung login dengan akun Facebook, Google, Apple atau email. Jika belum punya, silakan klik “I Don’t have an account?” lalu buat akun.

Cara Menggunakan Grammarly Secara Free

3. Klik menu new atau upload, klik menu new jika ingin tempel langsung tulisan yang sudah ada. Klik menu upload untuk mengunggah file dokumen tulisan kalian.

Cara Menggunakan Grammarly Secara Free

4. Tentukan gaya penulisan, sesuaikan dengan jenis tulisan yang kalian buat. Silakan atur audiensi pembaca, formalitas, hingga tujuan tulisan tersebut ditulis. Atur sesuai kebutuhan. Lalu klik Done.

Cara Menggunakan Grammarly Secara Free

5. Perbaiki kesalahan yang muncul, nantinya ada indikator berwarna merah sebagai penanda kesalahan. Tepatnya disebelah kanan tulisan.

Cara Menggunakan Grammarly Secara Free

6. Jika semua kesalahan telah diperbaiki, maka tinggal download lagi file tersebut. Klik tombol menu di kiri atas, lalu klik download tulisan dalam bentuk dokumen.

Cara Menggunakan Grammarly Secara Free

7. Selesai!!!

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Selamat Mencoba!!!

Baiklah, itu saja tutorial yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Jika ada pertanyaan, langsung saja komen di bawah yaa. Terima kasih telah berkunjung!

Post a Comment for "Cara Menggunakan Grammarly Secara Free"