Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hapus Halaman di PDF dengan Mudah

Cara Hapus Halaman di PDF dengan Mudah

Cara Hapus Halaman di PDF dengan Mudah. Hallo Sobat Otech!!! Di zaman yang serba modern ini siapa yang tidak mengenal dengan sebutan atau istilah PDF? Pasti semuanya sudah mengenal bukan? Atau paling tidak pernah mendengar istilah PDF. Bagi kalian yang belum tahu tentang apa itu PDF dan bagaimana cara membuka file PDF maka jangan khawatir karena di artikel ini akan dibahas secara ringkas mengenai hal itu. Simak penjelasannnya dengan baik yaa!

Apa Itu File PDF?

PDF sendiri merupakan kependekan dari Portable Document Format. File dengan ekstensi ini dikembangkan oleh Adobe Systems. Perusahaan ini juga merupakan pihak yang mengembangkan software olah grafis populer, seperti Photoshop dan Lightroom. File PDF sendiri biasanya terdiri dari teks dan juga gambar. Tidak hanya itu, kalian juga bisa melengkapi file PDF dengan tombol interaktif, tautan, video, dan masih banyak lagi. Kalian juga akan melihat banyak produk manual, buku elektronik, lowongan pekerjaan, dokumen yang dipindai (scanned), brosur, dan dokumen lain tersedia dalam format PDF.

Bagaimana Cara Membuka File PDF?

Untuk membuka file PDF sendiri kalian bisa menggunakan berbagai software. Adobe sendiri juga membuat software khusus untuk membuka file PDF ini, yaitu Adobe Acrobat Reader. Selain Adobe Acrobat Reader, beberapa browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge sudah dibekali dengan kemampuan untuk membuka file PDF ini.

Cara Hapus Halaman di PDF dengan Mudah

Meskipun file berfomat PDF memiliki beberapa kelebihan seperti mampu mempertahankan format asli dokumen tersebut, namun ada juga kekurangannya. Salah satunya adalah kalian tidak bisa mengedit isi dari file PDF tersebut, misalnya menghapus satu atau beberapa halaman. Maka dari itu, di kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai Cara Hapus Halaman di PDF dengan Mudah. Daripada kalian makin penasaran, langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

1. Dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan website Small PDF untuk menghapus halaman di PDF. Jadi langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka website Small PDF (https://smallpdf.com/delete-pages-from-pdf) terlebih dahulu pada browser yang kalian gunakan.

2. Setelah masuk di halaman Small PDF, sekarang kalian pilih file PDF yang ingin kalian hapus halamannya.

3. Kalian bisa memilih “Choose File” dan bisa juga langsung “Drag and Drop” dari folder.

Cara Hapus Halaman di PDF dengan Mudah

4. Sekarang file PDF tersebut akan otomatis terupload

5. Kalian harus memilih file yang akan kalian hapus dengan cara mengklik ikon gambar tong sampah

Cara Hapus Halaman di PDF dengan Mudah

6. Jika kalian ingin mengedit, misalnya ingin memutar file tersebut maka silakan klik ikon panah

Cara Hapus Halaman di PDF dengan Mudah

7. Jika sudah selesai, kalian tinggal mengklik “Apply Changes”

Cara Hapus Halaman di PDF dengan Mudah

8. Sekarang kalian sudah berhasil menghapus beberapa halaman di PDF. kalian hanya perlu mendownload file PDF tersebut.

9. Selesai!!! Bagaiamana? Sangat mudah bukan? Selamat Mencoba!

Baiklah, itu saja tutorial yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Jika ada pertanyaan, langsung saja komen di bawah yaa. Terima kasih telah berkunjung!

Post a Comment for "Cara Hapus Halaman di PDF dengan Mudah"