Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Fitur Recycle Bin di Smartphone


Cara Menambahkan Fitur Recycle Bin di Smartphone
Cara Menambahkan Fitur Recycle Bin di Smartphone

Hallo Sobat Otech!!! Di zaman yang serba modern ini, manusia tak bisa lepas dengan perangkat elektronik, seperti: komputer, smartphone, laptop, dan perangkat elektronik lainnya. Perangkat elektronik ini telah banyak membantu menyelesaikan pekerjaan manusia. Kebutuhan manusia akan perangkat elektronik saat ini telah berubah menjadi kebutuhan primer, artinya perangkat elektronik sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menunjang kebutuhan hidupnya.

Salah satu dari sekian banyaknya perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan oleh manusia adalah komputer atau laptop. Perangkat ini memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Selain itu, fitur yang tersedia juga dirancang untuk memberikan solusi ketika manusia lupa akan sesuatu.


Nah, salah satu fitur tersebut dinamakan Recycle Bin. Recycle Bin merupakan fitur yang sangat penting mengingat kadangkala pengguna windows tidak sengaja dalam menghapus file atau folder. Semua file dan folder yang yang telah terhapus akan dibuang atau dikirim ke Recycle Bin dengan catatan kalian tidak menghapusnya secara permanen (dengan Ctrl + Alt + Del). Dengan Recycle Bin ini kalian bisa mengembalikan file atau folder yang telah terhapus tersebut dan dapat menggunakannya kembali.

Sayangnya fitur tersebut secara default hanya ada di windows. Padahal musibah tersebut bisa saja terjadi di smartphone. Tetapi kalian jangan khawatir, meskipun android tidak memiliki fitur bawaan seperti Recycle Bin, namun kalian tetap bisa menggunakan fitur yang serupa Recycle Bin dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh gratis di Play Store. Aplikasi tersebut adalah Dumpster, buatan Baloota Dev. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan Recycle Bin di windows, yaitu menampung file seperti foto, video, mp3, dokumen yang terhapus.  

Fitur Aplikasi Dumpster

·       Tidak membutuhkan Root, namun kalian akan mendapatkan fitur tambahan jika perangkat telah di Root
·       Tidak memerlukan koneksi internet dalam beroperasi
·       Fitur terbaru: mengembalikan aplikasi yang sudah di-uninstall
·       Mengembalikan file yang di backup Dumpster hanya dalam 1 klik
·       Kemampuan untuk melihat preview foto, audio, dan video sebelum proses recovery/pengembalian
·       Fitur setting waktu/jadwal untuk penghapusan permanen file lama
·       Melindungi privasi kalian dengan lockscreen spesial dan pembatasan akses.

Cara Menggunakan Dumpster

Daripada kalian makin penasaran, langsung saja simak tutorialnya di bawah.

1. Buka aplikasi Dumpster nya. Jika kalian belum punya, download dulu di Play Store atau klik disini.

2. Di bagian setelan, terdapat menu “Bersih Otomatis atau Auto Clean”. Kalian dapat melakukan setting waktu atau penjadwalan untuk menghapus file secara permanen setelah melewati jangka waktu tertentu mulai dari 1 minggu, 1 bulan, sampai 3 bulan. Kalian juga dapat membiarkan file tetap berada di Dumpster dengan memilih opsi Off.

Cara Menambahkan Fitur Recycle Bin di Smartphone
Cara Menambahkan Fitur Recycle Bin di Smartphone

3. Masih di bagian setelan, terdapat juga menu “Setelan Tempat Daur Ulang”. Di menu ini kalian bisa melakukan setting untuk menentukan tipe file yang ingin kalian recover, seperti gambar, video, suara, dokumen, aplikasi, dan berkas lain.

Cara Menambahkan Fitur Recycle Bin di Smartphone
Cara Menambahkan Fitur Recycle Bin di Smartphone

4. Untuk mengembalikan file yang sudah terhapus cukup mudah, yaitu dengan cara klik pada file yang ingin kalian kembalikan maka akan muncul opsi lain. Kemudian pilih “pulihkan”. Taraaa file kalian yang sudah terhapus dapat kembali lagii. Sebagai catatan, aplikasi Dumpster hanya bisa mengembalikan file yang sudah terhapus setelah kalian menginstall aplikasi Dumpster dan tidak bisa mengembalikan file yang sudah terhapus sebelum kalian menginstall Dumpster.

Bagaimana? Sangat mudah bukan???  Selamat Mencoba!


Baiklah, itu saja tutorial yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, langsung saja komen di bawah yaa. Terima kasih telah berkunjung!

Post a Comment for "Cara Menambahkan Fitur Recycle Bin di Smartphone"