Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 dengan Mudah


Halo sobat ocean !!! Pernah kah terbesit di pikiran kalian ingin mengganti atau meng-update sistem operasi windows kalian ? misalnya dari windows 7 ke windows 10. Jika iya berarti sama dong, saya pun juga begitu. 

Tentunya ada banyak sekali alasan mengapa kita harus mengganti atau meng-update sistem operasi windows, seperti : meningkatnya sistem keamanan, mendapatkan beragam fitur terbaru, meningkatkan kinerja komputer atau laptop, dan masih banyak lagi.
Saat ini, terdapat banyak sekali cara untuk mengganti atau meng-update sistem operasi windows. Salah satunya adalah menggunakan perantara USB Flashdisk. USB Flashdisk tersebut harus di bootable terlebih dahulu agar dapat digunakan untuk menginstall windows. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai Cara Membuat Bootable USB Flashdisk dengan Mudah. Sebelum kita mulai tutorialnya alangkah baiknya kalian menyimak apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Bootable USB Flashdisk, ini dia yang perlu kalian siapkan :

1. Software Rufus

Karena kita nanti akan menggunakan Software Rufus sebagai alat untuk membuat bootable installer. Jika kalian belum mempunyai softwarenya, download terlebih dahulu melalui link dibawah ini :

Download Software Rufus (Gratis)

2. USB Flashdisk

Pastikan kalian mempunyai satu buah Flashdisk dengan kondisi yang baik. Saya sarankan ukuran dari Flashdisk tersebut adalah 8 Gb agar prosesnya berjalan dengan lancar


3. File ISO Windows 10

Pastikan juga kalian telah mempunyai File ISO dari Windows 10. Jika kalian belum punya, kalian dapat mendapatkannya melalui website resmi Microsoft.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

Baiklah, jika semuanya sudah siap langsung saja kita mulai tutorialnyaa :

1. Satu hal yang paling penting sebelum membuat bootable flashdisk adalah BACKUP SEMUA FILE PENTING DI FLASHDISK KALIAN

2. Jika sudah kalian backup langkah selanjutnya tancapkan flashdisk di PC/Laptop kalian, setelah itu buka software rufus nya. Masukkan file iso Windows 10 seperti pada gambar dibawah




3. Kemudian, sesuaikan settingan rufusnya seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah sesuai, klik Start.


4. Jika muncul kotak dialog seperti gambar dibawah, klik saja OK



5. Tunggu proses nya sampai selesai. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 30 menit atau lebih, jadi bersabarlah



6. Jika sudah selesai, maka USB Flashdiskmu siap kalian gunakan untuk menginstall windows 10


Nah itu dia gaess tutorial mengenai cara membuat bootable usb flashdisk windows 10 dengan mudah. Apabila ada yang ditanyakan bisa langsung komentar dibawah yaa. Terimakasih telah berkunjungg

1 comment for "Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 dengan Mudah"

  1. hi,
    I have checked so many website, your website is very amazing. you should try this
    website

    ReplyDelete