Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Panjang di Smartphone dengan Mudah


Hallo sobat ocean !!! Di era modern ini sangat mudah ditemukan berbagai macam informasi yang berseliweran di media sosial. Informasi tersebut memiliki berbagai macam bentuk, ada yang berupa foto, video, hasil screenshot (Tangkapan Layar), dan masih banyak lagi.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Screenshot. Screenshot atau dalam bahasa Indonesia mempunyai arti tangkapan layar ini adalah gambar yang diaambil oleh suatu gadget untuk memotret tampilan yang tampak di layar.

Dalam perkembangan teknologi ini, sangat mudah kita jumpai hasil screenshot-an yang umumnya tersebar di media sosial, seperti : Facebook, Twitter, WhatsApp, dan media sosial lainnya. Mayoritas orang menggunakan metode screenshot ini untuk memberikan informasi kepada orang lain. Selain digunakan untuk memberikan informasi, screenshot juga dapat digunakan sebagai media hiburan bagi sebagian orang. 

Umumnya hasil screenshot-an ini akan berukuran sesuai dengan apa yang ditampilkan oleh gadget kita. Ada juga screenshot yang hasilnya panjang kebawah (seperti pada gambar dibawah), namun masih sedikit orang yang menggunakannya.


Nah, kali ini saya akan membagikan sebuah tips bagaimana caranya agar hasil screenshot kita bisa memanjang kebawah. Dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan aplikasi LongShot, sebenarnya terdapat banyak sekali aplikasi dengan fitur serupa, misalnya : Stitch Long Screen, Long Screenshot, Web Scroll Capture, dan masih banyak lagi. Baiklah, jika kalian penasaran bagamaina caranya, langsung saja simak tutorialnya berikut ini :

1. Buka aplikasi LongShot-nya , jika kalian belum punya aplikasi ini silakan mendownloadnya di Google Play Store atau AppStore. Lalu, klik Tangkap Halaman Web / Capture Web Page.




2. Setelah itu akan terbuka web browser dari LongShot. Silakan kunjungi halaman web yang ingin kalian Screenshot.


3. Kemudian, gulir halaman web tersebut sampai mentok kebawah. Jika sudah klik tombol Akhiri Disini dan Tangkap Layar / End Here and Capture.


4. Silakan tunggu beberapa saat. Maka akan muncul hasil screenshot-an panjang dari LongShot.



5. Selesai. Gimana sangat mudah bukan ??? Selamat Mencoba !!!

Nb : Hasil dari screenshot panjang tersebut dapat kalian buka melalui galeri di folder LongShot.


Baiklah, itu saja tutorial yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Jika ada yang perlu ditanyakan langsung comment dibawah yaaa. Terimakasih telah berkunjung !!!

Post a Comment for "Cara Screenshot Panjang di Smartphone dengan Mudah"