Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengunci File PDF dengan Password di Android


Hallo sobat ocean !!! Di era modern ini, dokumen yang semula berbentuk kertas sekarang berubah menjadi file-file yang berformat PDF. Perubahan ini dapat terjadi karena pola pikir masyarakat modern yang beranggapan bahwa dokumen yang berbentuk file PDF lebih enak dan praktis untuk digunakan karena mayoritas masyarakat sekarang sudah memiliki gadget seperti Smartphone atau laptop. Selain itu, file PDF juga lebih mudah untuk dibagikan ke orang lain sesuai dengan keadaan aslinya.

Namun, kita juga perlu berhati-hati dan waspada ketika akan membagikan file pdf ke orang lain karena jika kita tidak berhati-hati file PDF kita akan berpotensi disalahgunakan oleh orang lain. Hal ini tentu akan sangat merugikan diri kita sendiri dan mungkin juga orang lain.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara untuk mengunci file PDF agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Jadi, yang dapat membuka file PDF ini hanya orang-orang yang tau Passwordnya saja sehingga akan lebih aman. 

Sebenarnya cara untuk mengunci file PDF ada banyak sekali, ada yang di PC ada juga yang di Android. Tetapi, yang akan saya bagikan ini hanya yang di Android dan menggunakan sebuah aplikasi yaitu Xodo PDF Reader Editor. Baiklah, tanpa banyak basa basi lagi langsung saja kita mulai tutorialnya

1. Pertama, pastikan kalian sudah mempunyai Xodo PDF Reader Editor. Jika belum kalian bisa mendownloadnya di Google Playstore atau download DISINI.

2. Kedua, silakan buka aplikasi Xodo PDF Reader Editor nya lalu pilih file PDF yang akan kalian beri password.


3. Kemudian, aplikasi Xodo akan membuka file PDF kalian. Lalu, klik tiga titik di pojok kanan atas


4. Selanjutnya, pilih menu Save a Copy


5. Lalu, akan terbuka menu lagi. Klik Password Protected Copy


6. Berikutnya akan muncul kotak pop up yang meminta kalian untuk menuliskan password yang akan diberi pada file PDF kalian. Silakan menulis password yang kalian inginkan di kotak yang telah disediakan. Lalu klik OK


7. Setelah itu, pilihlah folder yang akan digunakan untuk menyimpan file PDF yang telah diberi password tersebut.


8. Jika sudah maka file PDF kalian akan terdapat ikon gembok, yang artinya file PDF tersebut sudah diamankan dengan menggunakan password 


9. Selesai. Selamat kalian telah berhasil mengunci file pdf dengan password !!!

Baiklah, itu saja tutorial yang dapat saya bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi banyak orang. Apabila ada yang ditanyakan langsung komentar dibawah yaa. Terimakasih telah berkunjungg !!!

Post a Comment for "Cara Mengunci File PDF dengan Password di Android"