Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran PDF di PC dan Android


Hallo Sobat Ocean !!! Berdasarkan pengalaman saya, ukuran pdf yang kecil merupakan sesuatu yang sangat penting, karena saat saya mengurus berkas pedaftaran sekolah ada syarat - syarat yang mewajibkan kita untuk mengupload file dengan format pdf dan terdapat batasan ukuran file tersebut. Ukuran maksimal untuk dapat menguploadnya adalah 200 kb. Oleh karena itu, jika ukuran filenya melebihi 200 kb maka file tersebut tidak bisa dikirim atau diupload. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut kita harus mengecilkan ukuran file pdf tersebut menjadi 200 kb atau kurang.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial untuk mengecilkan ukuran file pdf dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi / software. Bagi kalian yang penasaran, langsung saja simak tutorialnya dibawah ini..

1. Pertama, silakan kunjungi web berikut Smallpdf, setelah itu kamu akan melihat banyak sekali menu. Pilih menu Compress PDF



2. Kemudian, klik "Drop PDF here"



3. Setelah itu, pilih File PDF yang akan dikompres, kalau sudah klik "open"

4. Tunggu beberapa saat sampai file PDF kamu telah diupload dan dikompres. Lamanya proses ini juga tergantung dari seberapa besar file PDF tersebut, jika ukurannya besar maka proses pengkompresan membutuhkan waktu yang cukup lama dan begitu pula sebaliknya

5. Setelah selesai, klik download untuk mengunduh file PDF yang telah dikompres.


6. Selamat, File PDF mu telah selesai dikompres ! Kamu juga dapat melihat ukuran file PDF mu setelah selesai dikompres. Dari gambar diatas, semula File PDF saya berukuran 8.8 MB, namun setelah dikompres ukuran filenya menjadi 2.29 MB. Sedikit tambahan, file kalian dapat dikompres menggunakan cara diatas sebanyak 2 atau 3 kali (Lebih juga bisa) 


Baiklah, itu saja tutorial yang dapat saya bagikan, jika masih ada pertanyaan dapat ditanyakan langsung di kolom komentar di bawah ya. Terimakasih telah berkunjung !!!

Post a Comment for "Cara Mudah Mengecilkan Ukuran PDF di PC dan Android"