Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memberi Waktu dan Membatasi Pendaftar di Google Form

Cara Memberi Waktu dan Membatasi Pendaftar di Google Form

Cara Memberi Waktu dan Membatasi Pendaftar di Google Form. Hallo Sobat Otech!!! Di masa pandemi seperti ini kehidupan manusia sedikit banyak mengalami beberapa perubahan. Salah satu perubahan yang mungkin sangat terasa adalah adanya kebijakan work from home atau kerja dari rumah. Dengan adanya kebijakan ini, orang-orang tidak perlu lagi pergi ke kantor untuk melakukan aktivitas pekerjaannya, namun cukup bekerja dari rumah masing-masing. Anak-anak sekolah dan kuliah juga ikut merasakan dampaknya. Mereka tidak dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, namun dilaksanakan secara daring atau online. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring ini juga mendapatkan banyak keluhan dari masyarakat, salah satunya adalah masyarakat mengeluhkan tidak meratanya sarana dan prasarana yang ada di daerah mereka untuk mengadakan pembelajaran secara daring, sebagai contoh adalah adanya keterbatasan sinyal internet sehingga proses pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara optimal.

Untuk menunjang proses belajar mengajar secara daring ini, banyak dari kalangan akademisi, baik guru, murid, dosen, dan mahasiswa yang menggunakan salah satu layanan dari google, yaitu Google Form. Buat kalian yang belum mengetahui apa sih sebenernya Google Form itu? Apa kegunaan dari Google Form? Dan apa saja fitur yang terdapat di Google Form? Tenang saja, karena kita akan membahasnya secara lengkap. Oleh karena itu, langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Google Form?

Google Form adalah layanan dari Google yang memungkinkan kalian untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi kalian bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei. Google saat ini terus melakkan inovasi dari berbagai platform yang dimilikinya, di antaranya google docs, yang salah satu fiturnya turut menghadirkan Google Form.  Biasanya digunakan untuk beberapa hal seperti membuat kuisioner, membuat quick count pendapat, membuat fomulir pendaftaan online, kemudian mengelolanya dan masih banyak lagi.

Apa Kegunaan dari Google Form?

Google Form memiliki banyak sekali kegunaan, diantaranya adalah memudahkan kalian untuk membuat sealigus mengoleksi atau mengumpulkan sebuah data. Kenapa harus Google Form? Karena, Google Form akan mengumpulkan data dengan baik dan tentunya real time. Jadi, kalian tidak perlu meluangkan banyak tenaga untuk memberikan pertanyaan satu persatu pada yang bersangkutan, apalagi sampai mencetak pertanyaan di kertas demi kuisioner. Kini, teknologi telah memudahkan semuanya. Kalian hanya perlu membagikan sebuah link dari Google Form yang telah dibuat, kemudian biarkan orang lain mengisi kuisioner secara online. Dengan demikian, kalian tidak perlu membuang media berupa kertas, tinta, buang waktu, dan juga tenaga. Dan yang tidak kalah penting ialah, data kuisioner yang kalian ajukan akan terjamin keamanannya. Karena Google Form akan menyimpan data dalam google drive kalian secara otomatis. Data tersebut bisa dipastikan tidak akan hilang dan rusak.

Fitur-fitur Google Form

Google Form memiliki berbagai fitur menarik yang membantu kalian dalam membuat form. Berikut ini beberapa fitur diantaranya:
  • Drag and Drop, fitur ini berfungsi untuk memindahkan suatu objek dengan cara mengklik kemudian menarik objek tersebut ke tempat yang diinginkan. Saat menarik objek (Drag), kalian perlu menahan tombol kiri mouse dan kemudian melepaskannya saat meletakkan objek (Drop). Dengan adanya fitur drag-and-drop, kalian dapat membuat pertanyaan di Google Form dengan lebih mudah. Hal ini pula yang menyebabkan Google Form dapat digunakan oleh pengguna komputer yang awam sekalipun.
  • Summary Otomatis, Google Form mampu menghasilkan summary atau ringkasan dari hasil jawaban responden secara otomatis. Ringkasan tersebut akan ditampilkan dalam bentuk grafik atau diagram sesuai dengan jenis pertanyaan. Dengan adanya summary yang dihasilkan secara otomatis, kalian dapat melihat bagaimana jawaban responden secara umum. Hal ini juga dapat membantu kalian untuk menganalisis data dengan lebih mudah. Bila Kalian ingin menganalisis data lebih lanjut, kalian dapat mengekspor hasil Google Form ke Google Sheets atau Ms. Excel.
  • Hasil Survey Real Time, Selain mampu menampilkan summary secara otomatis, Google Form juga dapat menampilkan hasil jawaban secara real-time. Artinya, summary akan langsung diupdate segera setelah responden mengklik tombol Submit. Hal ini tentunya sangat berguna apabila kalian membutuhkan data tersebut segera.
  • Response Validation, Response validation merupakan fitur Google Form yang mengharuskan responden mengisi jawaban menurut aturan yang sudah kalian tetapkan. Sebagai contohnya, kalian dapat menentukan aturan bahwa jawaban yang diisikan responden harus berupa angka. Apabila kalian ingin lebih spesifik, kalian dapat menentukan berapa angka terkecil yang bisa diisi oleh responden. Perlu dicatat bahwa tidak semua pertanyaan mempunyai fitur response validation ini. Hanya pertanyaan bertipe short answer, paragraph, dan checkboxes yang mempunyai fitur response validation tersebut.
  • Branching Logic, Branching Logic pada dasarnya merupakan fitur pada Google Form yang memungkinkan responden untuk berpindah ke bagian lain dari form sesuai dengan jawaban yang dipilih. Sebagai contohnya, kalian membuat pertanyaan “Apa pekerjaan Anda?”. Terdapat 3 opsi jawaban, yaitu “Swasta”, “Pegawai Negeri”, dan “Ibu Rumah Tangga”. Bila responden menjawab “Swasta”, maka responden akan diarahkan langsung ke section B (Swasta) yang berisi pertanyaan seputar pegawai swasta. Apabila responden menjawab “Pegawai Negeri”, maka responden akan diarahkan bukan ke bagian/ section B, melainkan bagian C (Pegawai Negeri) yang berisi pertanyaan seputar pegawai negeri. 
Nah, setelah membahas secara lengkap tentang Google Form, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai Cara Memberi Waktu dan Membatasi Pendaftar di Google Form. Tutorial ini sangat berguna karena Google Forms tidak secara default menyediakan tool untuk membatasi jumlah pendaftar atau audiens, sehingga perlu sedikit trik agar sistem secara otomatis menolak pendaftar yang sudah melampaui kuota. Baiklah, daripada kalian makin penasaran bagaimana caranya, langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

1. Pertama, login ke Google Form seperti biasa lalu login ke akun kalian dan buat atau buka salah satu form yang sudah pernah dibuat.

2. Selanjutnya, klik tiga titik vertikal di kanan atas dan klik menu “pengaya” atau “addons.”

Cara Memberi Waktu dan Membatasi Pendaftar di Google Form

3. Ketika muncul jendela popup baru berisikan berbagai pilihan pengaya, ketikkan di kolom pencarian “Limit Form” kemudian enter. Lalu, pilih addon “formLimiter” kemudian klik “Install.”

Cara Memberi Waktu dan Membatasi Pendaftar di Google Form

4. Setelah berhasil terpasang, klik “Lanjutkan” lalu addon akan meminta kalian untuk login ke email yang digunakan, lalu berikan izin dengan mengklik tombol “Izinkan.”

Cara Memberi Waktu dan Membatasi Pendaftar di Google Form

5. Maka selanjutnya akan muncul sebuah panel sebelah kanan dengan label “FORMLIMITER.”

Cara Memberi Waktu dan Membatasi Pendaftar di Google Form

6. Di panel ini, kalian bisa mengatur batasan yang diinginkan, yang pertama misalnya membatasi jumlah pendaftar yang masuk. Maka, pilih “Limit Type”-nya “Number of Form Responses.” Kemudian di bagian When responses are greater than, isikan dengan batas maksimal peserta, misalnya 50 atau 100. Artinya, jika angka ini tercapai maka form akan secara otomatis menolak pendaftar baru. Sebuah pesan akan ditampilkan di layar, dan beri tanda centang jika kalian ingin diberitahu saat batasan ini tercapai. Terakhir, klik “Save and Enable.”

Cara Memberi Waktu dan Membatasi Pendaftar di Google Form

7. Selain membatasi jumlah pendaftar, kalian juga bisa membatasi formulir dengan acuan tanggal dan jam. Pilih “Limit Type”-nya “date and time”, kemudian tentukan tanggal dan waktu batas pengisian formulir. Lainnya sama, isikan pesan bahwa formulir sudah ditutup dan beri tanda centang untuk memberi notifikasi kepada kalian bahwa formulir sudah ditutup. Terakhir klik tombol “Save and Enable.”

Cara Memberi Waktu dan Membatasi Pendaftar di Google Form

8. Selesai! Bagaimana? Sangat mudah bukan? Selamat Mencoba!

Baiklah, itu saja tutorial yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Jika ada pertanyaan, langsung saja komentar di bawah ya. Terima kasih telah berkunjung!

Post a Comment for "Cara Memberi Waktu dan Membatasi Pendaftar di Google Form"