Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah


Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah. Hallo Sobat Otech!!! Di era yang sudah modern seperti saat ini, kegiatan berfoto merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Dengan berfoto kita dapat mengabadikan momen-momen yang berharga dalam hidup kita. Semakin majunya teknologi juga turut mempermudah dalam melakukan kegiatan berfoto ini. Saat ini, kamera handphone saja sudah memiliki kualitas yang sangat baik untuk mengambil foto atau video.

Terkadang, kita mempunyai keinginan untuk membagikan foto kita di media sosial. Nah, sebelum kita membagikan foto ke media sosial, tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengedit dulu foto kita agar semakin bagus dan menarik. Saat ini, tersedia banyak sekali software atau aplikasi yang dapat membantu kalian untuk mengedit foto menjadi lebih bagus, misalnya: Photoshop jika di PC atau laptop dan PicsArt jika di smartphone. Software atau aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, serta juga memiliki berbagai fitur yang berbeda antara satu dengan yang lain. 

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara mengedit foto menjadi kartun 3D dengan mudah. Pada tutorial kali ini, kita tidak akan menggunakan aplikasi atau software yang membutuhkan skill editing yang bagus seperti photoshop, dll tetapi kita akan menggunakan aplikasi yang sangat mudah sekali untuk digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun. Ya, aplikasi tersebut adalah “PicsArt”. Apa itu PicsArt? Apa saja fitur di dalamnya dan bagaimana cara menggunakan PicsArt? Daripada makin penasaran, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu PicsArt?

PicsArt merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengedit gambar atau foto dan video. Aplikasi ini dirilis pada 14 November 2011 dan telah diunduh sebanyak 500 juta lebih unduhan. Aplikasi PicsArt bisa diunduh melalui toko resmi aplikasi yang terdapat pada perangkat smartphone yaitu Play Store dan App Store. Pengguna smartphone bisa mendapatkan aplikasi ini dengan cara melakukan pembayaran terlebih dahulu. Akan tetapi, pengguna juga bisa mendownload aplikasi ini secara gratis dan menjalankannya selama 7 hari sebagai masa percobaan. Nah, untuk hari selanjutnya maka pihak aplikasi PicsArt akan meminta pembayaran untuk diberikan secara permanen.

Fitur-Fitur Aplikasi PicsArt

Fitur pada Edit Gambar
  • Alat pengguna bisa mendapatkan berbagai macam fitur yang bisa membuat foto yang diedit agar menjadi lebih bagus dan menarik. Pada alat ini pula terdapat lagi 16 fitur yang bisa diterapkan pada foto.
  • Efek Berbagai macam efek juga tersedia pada aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2011 ini. Pengguna bisa memilih berbagai macam efek yang terdiri dari filter, FX, canvas, sketsa, buram, artistik, magis, pop art, rusak, kertas dan warna.
  • Percantik Pada menu percantik ini banyak terdapat fitur yang yang bisa diterapkan pada foto. Pengguna bisa memilih otomatis, wajah, kerut, halus, kantong mata, perbaikan kulit, perbaikan noda, warna kulit, warna rambut, detail, warna mata, pemutih gigi, bentuk ula dan penghapusan. Tak hanya itu saja, jika salah satu fitur tersebut diklik pengguna juga bisa mengatur kesesuaian warna pada foto dengan cara melakukan geser kekanan pada titik yang disediakan.
  • Stiker Pengguna juga bisa menerapakan stiker pada foto yang diedit. Banyak tersedia stiker yang bisa digunakan, seperti loveislove, magazine, stayhome, glitter, justice, jagaselamat, pride, estetis, merah muda, dan galaksi. Lakukan klik pada stiker dan selanjutnya secara otomatis sitiker tersebut akan masuk ke foto yang terdapat dihalaman pengeditan. 
  • Buang Pengguna juga dapat membuang bagian foto yang tidak diinginkan. Seperti membuang orang yang hanya meninggalkan latar belakang, membuang wajah, rambut, kepala dan latar belakang. Gunakan fitur buang ini agar foto yang dihasilkan tidak menjadi aneh. Seperti contoh membuang kepala yang hanya meninggalkan badan. 
  • Teks Penambahan teks pada foto juga bisa dilakukan pada aplikasi PiscArt. Pengguna hanya menuliskan teks yang ingin dibuat selanjutnya klik simpan untuk menerapkan teks tersebut pada foto atau gambar.
  • Tambahkan Foto Pengguna juga bisa menambahkan foto pada foto lebih dari satu. Foto yang ditambah tersebut bisa diedit lagi dengan fitur ganti, opasitas, potong gambar, lipat putar, bayangan, buang, sesuaikan, efek, padukan, tepi, bingkaibenyuk dan potong gambar. Dengan fitur ini, pengguna bisa menyesuaikan foto yang kedua dengan foto yang pertama.
  • Bingkai Banyak bingkai yang bisa diterapkan pada aplikasi PicsArt ini. Pengguna tinggal memilih bingkai yang ingin diterapkan dan selanjutnya lakukan klik pada salah satu bingkai untuk diterapkan pada foto.
Fitur pada Edit Video
  • Potong Dengan fitur potong ini pengguna bisa memotong video dianggap buruk. Tak hanya satu sisi saja, pengguna juga memotong video yang terdiri dari 4 sisi. Sisi tersebut terdiri dari sisi kanan, kiri, atas dan sisi bawah. Pengguna juga bisa mengubah bentuk sisi potongan seperti bebas, persegi, 4: dan lain-lain.
  • Sesuaikan Dengan sesuaikan, pengguna bisa mengatur banyak fitur pada sesuaikan ini. Seperti mengatur kontras, saturasi, rona, sorotan, bayangan, dan suhu. Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa menyesuaikan fitur tersebut dengan video dengan cara melakukan geser titik pada garis yang disediakan. 
  • Musik Nah, fitur ini mungkin telah tersedia pada semua aplikasi edit video. Akan tetapi, pada PicsArt telah banyak tersedia musik yang bisa pengguna gunakan untuk mengisi suara video. Terdapat dari 10 jenis musik yang bisa diterapkan. Seperti musik hiphop, pop, love, dance, sentimental, chill, cinematic, sad, dramatic, upbeats, epic, dan horor. Hanya melakukan klik pada musik dan selanjutnya tambahkan, pengguna bisa mendapatkan musik ini secara gratis.
  • Efek Pengguna juga dapat menikmati fitur efek untuk melakukan perubahan pada video. Lebih dari 10 efek bisa diterapkan pada video.
  • Stiker Tak hanya pada foto, pada video juga tersedia fitur penambahan stiker. Beragam jenis bisa pengguna terapkan pada video secara gratis. Adapun jenis stiker tersebut seperti pride, galaxy, magazine, stayhome, merah muda, bunga matahari, jaga selamat, pelangi, circle, dan sparkle.
  • Tambahkan Gambar Pengguna juga bisa menambahkan gambar atau foto untuk dikombinasikan didalam video. Aplikasi PicsArt sudah menyediakan gambar tersebut. Akan tetapi, pengguna juga bisa mengambil gambar dari penyimpanan perangkat untuk dimsukkan kedalam video.

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

Setelah membahas berbagai fitur yang ada pada aplikasi PicsArt, langsung saja kita mulai tutorialnya. Simak baik-baik ya!

1. Pertama, download dan install aplikasi PicsArt-nya di smartphone kalian melalui aplikasi Google Play Store maupun App Store.

2. Buat project baru dengan cara klik tanda “+” yang terletak di bagian bawah.

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

3. Pilih foto kalian yang akan di edit.

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

4. Pada bagian menu bawah, pilih “Efek”

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

5. Lalu pilih menu “Magis” dan pilih “Undead”

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

6. Pudarkan menjadi sekitar 60, lalu klik centang di pojok kanan atas.

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

7. Pilih “Efek” lagi kemudian pilih pilih menu “Artistik” lalu pilih “Cat Minyak”

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

8. Jumlahnya ubah menjadi sekitar 10 dan pudarnya ubah menjadi sekitar 5, lalu klik centang di pojok kanan atas.

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

9. Pilih menu “Percantik” lalu pilih “Otomatis”

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

10. Pilih “Halus” kemudian ubah halusnya menjadi sekitar 20 lalu klik centang di pojok kanan atas.

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

11. Pilih “Warna Kulit” kemudian pilih sesuai dengan keinginan kalian lalu klik centang di pojok kanan atas.

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

12. Kemudian, tinggal kalian save untuk menyimpan foto yang telah di edit tadi.

Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah

13. Untuk menghapus backgroundnya, silakan kunjungi situs remove.bg

14. Selesai!!! Bagaimana? Mudah bukan? Selamat Mencoba!!!

Baiklah, itu saja tutorial yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Jika ada pertanyaan, langsung saja komen di bawah yaa. Terima kasih telah berkunjung!

Post a Comment for "Cara Mengedit Foto Menjadi Kartun 3D dengan Mudah"