Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi


Hallo Sobat Otech !!! di masa pandemi virus corona seperti saat ini, semua kegiatan yang awalnya dapat dilaksanakan secara tatap muka (offline) sekarang dialihkan menjadi daring atau online. Kegiatan seperti perkuliahan, sekolah, bekerja, dan kegiatan lain yang bersifat mengumpulkan banyak orang juga dialihkan menjadi daring. Dengan kondisi yang seperti sekarang ini, banyak orang yang mulai mencoba untuk menggunakan software atau aplikasi video conferencing, seperti : zoom, webex, google meet, dan lain-lain untuk tetap mengadakan kegiatan.


Nah, bagi kalian khususnya para pelajar, sudah tidak asing lagi bukan dengan berbagai aplikasi video conferencing tersebut. Sering kali para guru atau dosen juga menggunakan aplikasi video conferencing sebagai media untuk menyampaikan materi pelajaran. Terkadang kita sebagai pelajar muncul sebuah keinginan untuk merekam kegiatan belajar mengajar yang berlangsung pada layar komputer agar dapat ditonton berulang kali tanpa menggunakan internet. Selain itu, terkadang para guru atau dosen juga memberikan tugas untuk membuat tutorial penggunaan sebuah software. Jadi, sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui tentang bagaimana cara merekam layar komputer atau laptop, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang serba daring atau online.

Bagi pengguna windows 10 sangat diuntungkan karena tidak perlu lagi kesulitan untuk merekam layar komputernya. Saat ini, windows 10 telah memiliki fitur yang bernama Xbox Game Bar yang sudah terpasang secara otomatis. Fitur ini telah dirancang terintegrasi untuk windows 10 sehingga penggunanya dapat merekam video dan menangkap layar komputer dengan lebih cepat dan tanpa menggunakan software tambahan. Kelebihan lain dari fitur ini adalah hasil video rekamannya tidak berukuran terlalu besar seperti software lain yang sejenis, seperti FRAPS.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial tentang bagaimana cara merekam layar computer di windows 10 tanpa software tambahan. Daripada makin penasaran, langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

      1. Tekan tombol logo Windows + G di keyboard untuk membuka Xbox Game Bar


      2. Pada menu Capture akan muncul pilihan, seperti Start Recording, Take Screenshot,                dan Record Last


      3. Klik pada ikon bulat untuk merekam video (Win + Alt + R) lalu klik ikon kotak untuk berhenti merekam (Win + Alt + R)

      4. Klik ikon kamera untuk menangkap gambar (Screenshot) pada layar computer

Ketika merekam maka akan muncul notifikasi berwarna merah yang menunjukkan waktu rekaman dan akan hilang dengan sendirinya. Hasil rekaman video tersebut akan tersimpan di This PC\Videos\Captures\ sedangkan untuk hasil screenshot akan tersimpan di This PC\Pictures\Captures\.


Baiklah, itu saja mungkin tutorial yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Jika kalian ada pertanyaan, langsung saja komen di bawah yaa. Terima kasih telah berkunjung !!!

Post a Comment for "Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi"